Klasifikasi Robot Industri

Saturday, December 3rd, 2016 - Elektronika Robotika

Dalam klasifikasi robot industri terdapat beberapa institusi yang membuat klasifikasi robot industri ini menjadi beberapa jenis. Diantara institusi tersebut adalah Universitas Louisiana dan Japanese Industrial Robot Association (JIRA). Institusi tersebut mendefinisikan klasifikasi robot industri sebagai berikut.

Klasifikasi Robot Industri Oleh Universitas Louisiana

Departemen industri Universitas Louisiana memudahkan pengelompokan robot berdasarkan enam kategori yaitu:

  1. Geometri lengan (arm geometry) : berbentuk persegi, silinder bola, dan persendian.
  2. Derajat kebebasan (degree of freedom) : skala angka yang menyatakan semakin tinggi nilai kebebasan menunjukkan fleksibilitas gerak semakin bebas.
  3. Sumber tenaga: tenaga listrik, tenaga hidrolik, tenaga pneumatik
  4. Alat dan jenis gerak: robot statis, robot beroda, robot berkaki
  5. Path control: serangkaian gerak terbatas, perpindahan titik, sekuens gerak berkelanjutan, arah gerak terkontrol.
  6. Skala kecerdasan: terkontrol dan otonom.

Klasifikasi Robot Industri Japanese Industrial Robot Association (JIRA)

Klasifikasi Robot Industri,JIRAJapanese Industrial Robot Association  (JIRA) mendefinsikan enam kelas robot industri sebagai berikut :

  1. Perangkat penanganan manual: robot ini memiliki derajat kebebasan yang tinggi, namun semua aksi yang dilakukan harus dikontrol operator.
  2. Rangkaian pekerjaan tetap: robot ini bertugas melakukan aksi terbatas yang ditentukan tanpa memerlukan bantuan operator, namun aksi yang dilakukan tidak dapat dirubah.
  3. Rangkaian pekerjaan terprogram: Robot ini memiliki kemiripan dengan kelas 2, kecuali aksi yang ditentukan dapat diprogram untuk tugas baru.
  4. Playback robot: Robot ini pertama dilatih untuk melakukan rangkaian operasi oleh operator, selanjutnya robot dapat melakukan aksi yang sama berulang-ulang.
  5. Robot kontrol numerik: Robot bekerja melalui suatu rangkaian operasi melalui data numerik yang diterimanya.
  6. Robot cerdas: Robot yang dapat membaca informasi dari lingkungan, dan merespon sesuai dengan keadaan dalam rangka menunaikan tugas yang ditentukan.

Selain institusi diatas ada juga Robotic Institute of America yang mengklasifikasikan robot industri berdasarkan kelas yang mirip namun tidak menganggap kelas 1 dan 2 dari klasifikasi robot industri oleh JIRA diatas sebagai robot.

Title : Klasifikasi Robot Industri
Archive : Elektronika Robotika

You may also like, related Klasifikasi Robot Industri